Fun Activity yang disarankan untuk anak prasekolah atau balita

Siapa bilang TV satu-satunya hiburan untuk anak ? Hiburan untuk anak gak musti pake listrik. Hemat listrik, hemat BBM. Anak-anak bisa terhibur dengan cara lain yang lebih hemat. Hubungan antara orang tua dan anak adalah hal mutlak yang mesti dimiliki oleh semua keluarga. Kontak antara orang tua dengan anak mesti cukup untuk mengiringi perkembangannya.

Berikut beberapa ide kegiatan yang dapat dilakukan selain menonton TV.

Fun activity yang disarankan untuk anak prasekolah

Bicaralah dengan anak anda. Misalnya dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang bisa dipahami olehnya. Lihat daftar pertanyaan untuk anak

Membaca. Buku, majalah, suratkabar, puisi, cerita menjelang tidur, mitos, dll. Ajaklah pergi ke perpustakaan untuk mendapatkan cerita pada malam hari atau ajak anak ke toko buku dan duduklah untuk beberapa saat
Ajaklah jalan-jalan. Lihat detail Aktifitas jalan-jalan bersama anak

Melakukan hobi, misalnya koleksi perangko, koleksi batu, koleksi coin, membuat perhiasan, mengumpulkan sesuatu dari alam, koleksi topi, gambar-gambar aksi, binatang diawetkan, dllm

Ajaklah mengemudi. Bawalah musik atau CD pelajaran, buku-audio keluarga

Bermain jigsaw puzzle

Membersihkan ruang makan atau kamar.
Anak-anak suka membantu. Bermain perangkap mainan. Ambilah kotak karton yang besar, dan tulislah Toy Trap diatasnya yang artinya perangkap mainan. Katakan pada anak anda bahwa mainan-mainannya berhamburan dari kamar tidur dan menyebar dimana-mana. Jelaskan padanya bahwa anda telah membuat perangkap mainan untuk menjaga mainan-mainan tersebut jpada tempat yang aman ketika anak anda tidak bermain dengan mainannya. Mintalah anak anda untuk membantuk anda untuk patroli mainan dan meletakkannya di perangkap tersebut.

Bermain dengan anak anda.
Matikanlah lampu dikamar. Nyalakan senter pada dinding yang polos. Mintalah anda anda untuk berdiri didepan cahaya senter dan eksperimen dengan membuat bayangan dan semua bentuk dan ukuran pada dinding. Tunjukkan pada mereka bagaimana membuat Hand Shadow. Bereksperimenlah dengan membuat segala jenis bayangan dengan memegang objek yang berbeda didepan cahaya senter. Cobalah dengan gunting, pensil toothbrush, mainan kecil seperti mobil, piring dan cangkir mainan. potongan puzzle memberikan efek bayangan yang menarik juga. Saya yakin anak anda punya ide banyak barang yang ingin dicobanya.

Tunjukkan anak anda bagaimana memperbaiki sesuatu.
Menjahit kancing baju yang lepas, memperbaiki kain yang robek, mengganti bola senter, mengganti saringan keran air, menggunakan hammer dan paku, menggunakan obeng, dll.
Mengecat. Dengan sedikit persiapan anda dapat have fun dengan tanpa masalah dalam mengajak anak mengecat.

Mengarang cerita.
Menceritakan kembali Cerita Sederhana secara berurutan What Happened Next?Bacakanlah anak anda sebuah cerita. Mintalah dia untuk menceritakan kembali cerita tersebut.Bantulah anak anda menceritakan kembali cerita tersebut dengan urutan yang logis dengan bertanya apakah yang terjadi kemudian?Photo FunTunjukkanlah foto anak anda pada tamasya keluarga dan mintalah dia untuk mengurutkan foto-foto tersebut sesuai dengan urutan kejadiannya. Minta mereka menceritakan kembali cerita tamasya keluarga.
Membangun Tempat bermain didalam rumah
Berburu di dalam rumah

Bermain dengan Spidol. Misalnya : a. ajaklah ia berdiri di depan cermin dan gambarlah refleksi anda. Kemudian berilah gambar tersebut kacamata, jambang, kumis, topi b. gambar atau tulislah huruf, angka, bentuk dan gambar-gambar c. ambillah foto yang berbingkai dan kaca, misalnya foto paman, bibi kemudian berilah jambang dan kumis pada foto bibi atau anting pada paman d. Letakkan sampul plastik diatas sampul buku atau lapisi dinding dengan plastik dan mulailah menggambar disampul plastik tersebut
Mewarnai
Mengunjungi teman. Bikinlah kue bersama dan berilah temannya
Berdansa
Bermain dengan Papan Games
Main bowling
Bermain Game Matematika
Pergi Tour
, untuk melihat berbagai aktifitas misalnya ke museum, kebun binatang, kantor polisi, stasiun kereta api, bank, kantor pos, bus, taman kota. Atau bahkan pabrik donut, roti dsb.
Pergi ke acara hiburan
Bermain dengan balon, lempar balon ke udara dan pukul dengan tangan hingga tak tak sampai menyentuh lantai
Buat sesuatu. Membangun dengan blok, buat rantai kertas, buat boneka jari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: