Agar Si Kecil Mudik dengan Riang

 

Tujuh Jurus Agar Si Kecil Mudik dengan Riang

Rabu, 17 September 2008 | 14:45 WIB

 

TEMPO Interaktif, Jakarta: Keluarga yang mudik ke kampung halaman di saat Lebaran biasanya membawa anak. Sejumlah trik mesti diambil agar selama perjalanan si kecil tidak bosan dan rewel.
Trik itu mulai dari bekal yang cukup sampai tidak memaksakan diri. Berikut tujuh jurus agar mudik dengan si kecil lebih menyenangkan.
1. Bekal
Bawa cukup banyak makanan ringan, minuman, permainan, atau bacaan untuk anak-anak. Termasuk obat penurun panas, diare, dan vitamin yang biasa dikonsumsi anak Anda. Perhitungkan lama dan jarak perjalanan.

2. Tidak Memaksakan Diri
Jangan memaksakan diri untuk melakukan segala hal dalam satu perjalanan. Misalnya, jika berniat mengunjungi keluarga di satu hari, jangan berjanji pada anak untuk berkunjung ke tempat rekreasi pada hari itu juga. Selain mempertimbangkan batas kelelahan anak, ini akan menghindari kekecewaan mereka.

3. Bermain
Selama perjalanan beri anak kesempatan anak untuk mengeluarkan energi kanak-kanaknya. Beri ruang anak melepas keliaran khas kanak-kanak seperti kegemaran berlarian dan berlompatan.

4. Perhatikan Kebutuhan Anak

Anak kadang rewel di perjalanan. Ada sejumlah cara agar mereka tenang  yaitu: beri anak-anak makanan sebelum lapar, tawari mereka minum, termasuk pula ajak mereka istirahat sebelum mereka benar-benar kelelahan. Pekalah terhadap tanda terkecil sekalipun yang menyatakan anak-anak.

5. Bersabar

Kesabaran sebaiknya tak ada batasnya. Ingat, Anda sedang menghadapi anak sendiri.

6. Jangan Sampai Tidak Enak
Kejadian yang tak mengenakkan selama liburan akan menjadi kenangan bagi anak-anak ketika mereka dewasa kelak.

7. Bergembira
Sadari bahwa tujuan perjalanan adalah bersenang-senang sekaligus bersilaturahmi. Jadi jangan lupa menikmati kegembiraan bersama keluarga.

Utami/about.com 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: