Sudah Benarkah Permainan Kreatif Anak Anda ?

Senin, 11-Oktober-2004, 23:17:29

 

 

 

 

 

Beberapa waktu yang lalu saya melihat sebuah acara di TV Jepang yang sangat memprihatinkan, dimana dari hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah terbesar yang dihadapi oleh anak adalah keterlambatan dalam kemampuan bahasa/komunikasi pada saat anak tersebut menginjak usia 3-4 tahun. Mengapa hal ini terjadi ?

 

 

oleh: Taufan SuranaBeberapa waktu yang lalu saya melihat sebuah acara di TV Jepang yang sangat memprihatinkan, dimana dari hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah terbesar yang dihadapi oleh anak adalah keterlambatan dalam kemampuan bahasa/komunikasi pada saat anak tersebut menginjak usia 3-4 tahun.
Ingat, hal ini sangat mungkin terjadi juga pada anak anda, tanpa anda menyadarinya !

Mengapa hal ini terjadi ?
Ternyata, karena menginginkan anaknya tumbuh dengan cerdas, banyak sekali orangtua yang memberikan permainan kreatif kepada anaknya. Tetapi sayangnya para orangtua tersebut kurang memahami bahwa kecerdasan yang diharapkan dari anak tidak akan dapat tercapai hanya dengan melakukan permainan kreatif melulu.

Kemampuan berbicara dan berkomunikasi anak merupakan faktor TERPENTING dalam mendorong kemampuan anak untuk berpikir cerdas.
Alasan lain yang mendorong orangtua untuk selalu memberikan mainan kreatif adalah karena dengan permainan tersebut anak menjadi asyik dengan dunianya sehingga orangtua merasa menjadi lebih ‘ringan’ dalam mengasuhnya.

Jangan salah tangkap. Permainan kreatif memang sangat diperlukan oleh anak, tetapi berbicara dengan anak juga merupakan hal yang sangat penting. Keduanya, dan tentunya termasuk juga stimulasi untuk perkembangan fisik, harus diberikan dengan seimbang.

Selain itu, banyak orangtua yg memberikan mainan kepada anaknya tanpa tahu fungsi dari mainan tsb. Dan ini adalah masalah yg paling sering ditemukan. Orgtua membelikan mainan yg cukup mahal harganya, tanpa mengetahui tujuan dan fungsi otak bagian mana yg distimulasi oleh permainan tsb.

Dengan mengetahui perilaku dan psikologi anak, anda akan lebih memahami tentang jenis mainan yg perlu diberikan pada usia tertentu yang akan merangsang pertumbuhan anak.
Jangan sampai mainan tsb membuat bosan atau sebaliknya justru membuat stress anak anda karena stimulasi yg diterima oleh anak anda tidak sesuai dg usianya.

Mengapa keterlambatan kemampuan bahasa/komunikasi baru kelihatan setelah anak tersebut menginjak usia 3-4 tahun ?

Disinilah pentingnya anda mengetahui betapa pentingnya arti 3 TAHUN PERTAMA pada kehidupan anak anda. Keterlambatan perkembangan anak sering terjadi karena kurangnya stimulasi yang seharusnya diperoleh oleh anak pada 3 tahun pertamanya.

Jika anak anda mempunyai kesempatan untuk melakukan seluruh kegiatan yang memberinya stimulasi-stimulasi yang benar, yakinlah bahwa anak anda pasti akan tumbuh dengan cerdas baik dalam segi fisik, mental maupun sosial.

Stimulasi dan tindakan apa saja yang diperlukan oleh anak anda ?

Pada dasarnya, stimulasi yang diperlukan oleh anak adalah:
1. Stimulasi perkembangan emosi.
2. Stimulasi perkembangan fisik melalui kebiasaan dan rutinitas.
3. Stimulasi perkembangan fisik melalui koordinasi gerakan kasar dan halus.
4. Stimulasi perkembangan indera.
5. Stimulasi perkembangan bahasa/komunikasi.

Apa saja yang perlu anda lakukan untuk melakukan stimulasi di atas ?

Informasi detilnya bisa anda peroleh dengan cara klik disini .

Semoga informasi ini berguna bagi kita semua sbg orangtua yg peduli dg perkembangan anak.

The First Years Last Forever…
Waktu Anak Anda Tidak Akan Pernah Kembali Lagi !

 

Satu Tanggapan

  1. Berguna sekali!!
    Terima kasih ya dah share pengetahuan ini:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: