Pendidikan Anak

Bagaimana masa depan bangsa ini kelak di kemudian hari?

Penari Kreasi PGTK Bania Eduloka

Penari Kreasi PGTK Bania Eduloka

Jawabannya ada pada bagaimana cara bangsa ini menyiapkan generasi penerusnya.  Generasi penerus bangsa ini berarti diri kita, saudara kita terlebih lagi anak-anak kita yang kelak akan tumbuh dewasa dan mengambil alih tongkat estafet kepemimpinan bangsa ini.

Menyiapkan generasi penerus itu berarti usaha kita untuk membekalinya dengan segala bekal ilmu. Baik itu ilmu agama sebagai ilmu yang mendasari perilakunya, akhlak dan budi pekerti, maupun  ilmu pengetahuan dan eksakta yang mendasarinya untuk dapat berpikir analitis dan kritis. Membekali anak, yaitu mendidik anak dengan cara yang baik dan benar.

Tanpa sadar, kita sebagai orang tua kerap kali menyerahkan semua tugas itu kepada orang lain. Kepada guru mengajinya, kepada guru sekolahnya, dosennya, guru lesnya dan sebagainya. Sebagai orang tua, sering kali kita merasa sudah terlepas dari kewajiban mendidik mereka ketika kita sudah mengirimkan mereka ke sekolah yang paling favorit di kota kita tinggal atau memberikan mereka les privat dari guru yang paling top di kota kita. Cukupkah itu semua?

Sadarkah kita bahwa mendidik anak kita itu adalah tugas kita sebagai orang tuanya.  Tentu, kita punya keterbatasan kemampuan. Keterbatasan ilmu, keterbatasan biaya, keterbatasan waktu, dsb. Namun semua itu tak cukup untuk menjadi alasan kita menghindar dari usaha untuk mendidik dan mengarahkan mereka dengan baik dan benar.

Kapan pendidikan anak itu di mulai? Menurut pakar pendidikan, pendidikan anak itu dimulai sejak ia masih dalam kandungan. Usia perkembangan otaknya memasuki masa kritis di usianya dari 0-2 tahun.

Oleh karena itu, bagi anda orang tua, telitilah memilih sekolah yang baik untuk anak anda, terutama untuk balita anda. Fasilitas merupakan hal yang perlu diperhatikan. tapi lebih dari itu, guru dan staf pengajarnya mestilah yang professional dan terlatih. (rph)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: