Koran Bekas, untuk apa?

Sehabis di baca, koran kerap menjadi usang dalam beberapa hari, sebab informasi yang terus berkembang dan perubahan yang begitu dinamis. Berlangganan koran setiap hari menyebabkan koran menjadi menumpuk. Tumpukan koran sangat memakan tempat dan mengganggu. Dibuang sayang. Dijual? kadang penadah ogah. Daripada dibuang percuma mending dimanfaatkan. Tapi untuk apa?

Pemanfaatan koran bekas sebenarnya sudah sejak lama dilakukan. Ada beberapa cara untuk memanfaatkan koran bekas, antara lain :

1. Dijual ke penadah untuk didaur ulang

Ini baik untuk mengurangi kerusakan lingkungan. Kertas itu berasal dari kayu yang dioleh. Dengan terbatasnya pasokan kayu, maka koran bekaspun dapat didaur ulang untuk dijadikan kertas kembali.

2. Digunakan untuk sampul buku, dll

Sampul buku atau majalah bisa pake kertas ubi yang warna kuning. Namun sampul koran juga bisa keren. Gunakan bagian-bagian dimana ada foto-foto berwarna

3. Dimanfaatkan untuk membuat karya seni

Koran bekas bisa jadi ajang Kreatifitas bagi siapa saja. Ada berbagai macam karya seni yang bisa dibuat dari bahan koran bekas. Misalnya, lukisan timbul, topeng, tempat tisue dan masih banyak lagi.

4. Pembersih Kaca

Untuk membersihkan kaca, koran cukup baik. Semprotkan cairan pembersih kaca kemudian keringkan dan gosok-gosok dengan menggunakan koran bekas. Noda-noda di kaca pun langsung hilang.

5. Penghilang Bau

Wah ide hebat neh. Bila anda memiliki sepatu yang bau, masukkan potongan-potongan koran.

6. Pac king

Koran biasa juga digunakan sebagai peredam untuk packing barang-barang pecah belah seperti keramik, kaca, dll.

7. Perlengkapan tambahan di mobil

Koran bekas dapat digunakan untuk alas kaki di mobil untuk membersihkan alas kaki anda yang basah, kotor.

8. Wadah sampah makanan

Bila anda makan makanan yang bersisa seperti makan kepala ikan, kepiting, udang dsb, anda dapat menggunakan koran sebagai alasnya sehingga dapat langsung dibuang

9. Pembungkus

Satu lagi kegunaan koran yang tak kalah pentingnya, yaitu membungkus buah-buahan anda di pohon. Ketika buah semakin besar, maka membungkusnya dengan koran dapat membantu buah lebih cepat tua dan matang menghindarinya dari kontak langsung dengan sinar matahari atau hama lainnya, termasuk hama berkepala hitam haha…

Ada masih banyak lagi manfaat kertas koran yang bisa anda peroleh. Jadi jangan kuatir dan bingung lagi kemana koran bekas tersebut akan anda arahkan. Selamat mencoba. (NH)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: