ANAK MALAS BELAJAR? SEBUAH TANTANGAN BAGI ORANG TUA

Ada dua  faktor utama pe-nyebab anak malas belajar yaitu :

1. Faktor intrinsik

Berasal dari dalam diri anak sendiri misalnya lemahnya mo-tivasi diri, kelelahan karena beraktifitas, membantu orang tua,

2. Faktor ekstrinsik

Seperti sikap orang tua yang kurang perhatian, sikap guru yang apatis, ter-pengaruh perilaku buruk teman, suasana rumah ku-rang kondusif, sarana belajar yang kurang mendukung.

Untuk meningkatkan minat belajar anak, menurut para pakar psikologis ada beberapa hal yang dapat dilakukan, antara lain :

1) Mencari informasi, usahakan mencari tahu langsung dari anak apa pe-nyebab ia malas belajar

2) Buat kesepakatan de-ngan anak tentang ru-tinitas kesehariannya untuk melahirkan rasa tanggung jawab dan motivasi. Beri hadiah untuk situasi ter-tentu bila ia dapat menja-lankan tugas dan tanggung jawabnya.

3) Menciptakan disiplin, pa-ra orang tua yang  meneladani sikap dan pe-rilaku di-siplin ini akan le-bih mudah untuk diikuti oleh anak. Ini bisa dimulai dengan menyiapkan per-alatan sekolah, menanya-kan tugas sekolah, dll.

4) Menegakkan disiplin, bila anak melanggar kesepakat-an yang telah disepakati bersama maka berilah san-ksi yang mendidik.

5) Ketegasan Sikap. Pelanggaran yang ber-ulang-ulang tak dapat dito-lerir. Orang tua perlu mem-berikan sanksi yang lebih tegas dan konsekuen

6) Menciptakan suasana belajar yang kondusif. Orang tua setidaknya memberikan sarana be-lajar. Permainan edukatif  dapat meningkatkan ke-cerdasan anak. (NH)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: