Segitiga Sukses (Triangle of Success)

Sukses. Setiap orang pasti berkeinginan menjadi suskses. Sukses dalam berkarir, sukses dalam pertandingann olahraga dan menjadi pemenang. Suskses dalam berwirausaha. Apa kunci suksesnya? Banyak sekali komentar yang kita dengar tentang keberhasilan seseorang atas apa yang sudah diraihnya. Ada yang bilang karena bakat…….. sebagian lagi bilang karena kerjakeras, ada pula yang bilang karena nasib. Komentar apapun bisa anda layangkan tentang kunci keberhasilan seseorang tapi belum tentu itu akurat.

Para pakar human resource sepakat bahwa keberhasilan itu bukan kebetulan. Tapi ia dibangun setidaknya oleh tiga pilar utama keberhasilan. Apa itu? Knowledge, Skill dan Attitude. Ketiganya bak sebuah bangunan yang tak bisa dipisahkan. Harus ada ketiganya. Ketiganya saling mendukung satu sama lainnya.
1. Knowledge

Pengetahuan memainkan peranan penting sebagai dasar berpikir. Kuasailah ilmunya segala sesuatu maka akan mudah bagi anda untuk melakukannya. Mustahil anda bisa maju dan berhasil melakukan sebuah pekerjaan bila tidak memiliki pengetahuan sedikitpun mengenai pekerjaan itu. Pola berpikir yang logis membantu dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.

2. Skill

Berarti keahlian. Keahlian atau keterampilan diperoleh seseorang melalui kegiatan yang dilakukannya secara berulang-ulang dan selalu memperbaikinya sehingga hasilnya lebih baik dan lebih baik dari sebelumnya. Ada banyak sekali keahlian yang bisa dipelajari dan dilakukan. Keahlian berhitung, keahlian memprediksi, merencana, negosiasi, menyanyi, menari dan sederet kegiatan seni lainnya, dan masih banyak lagi keahlian yang lain.

3. Attitude

Attitude berarti budi pekerti, perilaku dan akhlak yang baik, positif dan bukan negatif. Mereka yang memiliki akhlak yang positif maka akan mudah menerima kritikan, nasehat, saran untuk melakukan perbaikan secara terus menerus. Perbaikan itu mengasah kemampuan, keahlian, menambah pengetahuan dan sebagainya. Termasuk pada keyakinan diri, percaya diri. Seorang pemenang haruslah percaya diri. Namun tidak tinggi hati dan sederet sifat negatif lainnya. Good attitude akan melanggengkan kesusksesan yang telah diraih. Keberadaannya memberikan manfaat bagi orang lain.

Keahlian dan pengetahuan adalah sebuah alat, ekspertis, spesialisasi dalam suatu bidang. Apakah alat, spesialisasi atau ekspertis tersebut akan bermanfaat atau malah membuat mudhorot bagi orang lain, tergantung dari akhlak orang yang memiliki atau menggunakan alat tersebut. Bayangkan betapa mengerikannya seseorang yang memiliki keahlian dan pengetahuan tapi tidak berakhlak mulia.

Ketiganya ada dalam diri anda. Ada dalam diri anak-anak kita. Tinggal apakah kita mau menggalinya dan memperoleh manfaat darinya.

Akhlak, knowledge dan skill dimulai dari sejak dini. Berhasil menjadi orang tua yang hebat adalah juga keberhasilan.

Good Luck!

TK. Bania Eduloka | Good Attitude, Creative and Fun

Daftar sekarang !

label1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: