Hore….Agustusan….dat ang lagi….

Hore….Agustusan….datang lagi….

Hari kemerdekaan RI

logo-hut-ri64aPeringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh seluruh bangsa Indonesia. Baiknya, momentum itu dijadikan review dan evaluasi seluruh komponen bangsa terhadap kemajuan-kemajuan yang sudah dicapai oleh bangsa Indonesia. Pemerintah dan seluruh komponen bangsa perlu mengambil hikmah dari peringatan tersebut. Sehingga dapat lebih bermakna untuk menentukan sikap dan tindakan yang lebih baik lagi untuk menyongsong masa depan bangsa ini?

Keberhasilan Tim Densus 88 dalam penggerebekan teroris di persembunyiannya turut mewarnai bulan Agustus pada tahun 2009 ini, Teroris yang sempat melancarkan aksi pengeboman Hotel JW Marriot dan Ritz Carlton di Jakarta pada Juli 2009 yang lalu justru memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa ini.

Bagaimana mengisi peringatan hari kemerdekaan itu?

Disamping memasang bendera dan umbul-umbul bagi setiap rumah tangga dan kantor-kantor pemerintahan maupun swasta, peringatan hari kemerdekaan itu biasanya diisi pula dengan kegiatan-kegiatan yang dibuat sedemikian sehingga dapat membuat suasana semeriah mungkin. Kegiatan perlombaan baik di bidang olah raga, kesenian, ketangkasan ataupun keterampilan kerap dilakukan untuk turut memeriahkan suasana pada hari tersebut. Kegiatan perlombaan itupun disesuaikan dengan tingkat usia peserta yang mengikuti maupun lokasi di mana diadakan. Apakah di perumahan, perkantoran maupun sekolah-sekolah.

Uniknya, peringatan hari kemerdekaan di Indonesia juga diramaikan dengan permainan tradisional yang kerap dipertandingkan selama musim peringatan hari kemerdekaan tersebut antara lain : lomba panjat pinang, lomba perahu, lomba makan krupuk, lomba membawa kelereng pake sendok, lomba menggambar, lomba bakiyak, lomba karaoke, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Hari Kemerdekaan dan Perlombaan Untuk Anak Prasekolah

Namun tidak semua permainan dapat dilakukan oleh anak-anak, terutama bagi anak-anak usia prasekolah, mereka pun tak mau ketinggalan ingin menyemarakkan pesta rakyat tersebut. Beberapa kegiatan lomba untuk anak-anak antara lain :

  1. Lomba balap sepeda
  2. Lomba sepeda hias
  3. Lomba lari karung
  4. Lomba menggambar
  5. Lomba memasukkan paku ke botol
  6. Lomba karaoke
  7. Lomba menari
  8. Lomba menyusun puzzle
  9. Lomba merias ibu
  10. Lomba makan kerupuk
  11. dll

Untuk perlombaan bagi anak-anak, disamping harus memperhatikan tingkat kesulitan perlombaan tersebut, juga perlu mempertimbangkan aspek keselamatan dan kenyamanan anak-anak yang mengikuti ataupun yang menyaksikan acara tersebut.

Perlombaan pada anak dapat mendorong terbentuknya kepribadian anak yang berkembang secara positif dan sportif.

Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-64. Semoga Indonesia semakin aman, damai dan sentosa. Merdeka dari kemiskinan, merdeka dari kebodohan. Merdeka!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: