Mengenalkan Ramadan pada si Kecil

Ramadan merupakan bulan ke sembilan dari Kalendar Muslim (hijriyah), setelah bulan Sa’ban dan sebelum bulan Syawal. Ramadan merupakan bulan suci bagi umat muslim. Bagi muslim yang telah baligh (berusia 12 tahun ke atas) maka diwajibkan berpuasa pada penuh selama satu bulan di bulan Ramadan tersebut.

Puasa berarti tidak makan dan minum, dan menahan diri dari emosi, amarah, dan berbicara dusta dan melakukan hubungan suami istri. Berpuasa dilakukan sejak menjelang terbit fajar (waktu shubuh) hingga terbenam matahari (maghrib) di senja hari. Kurang lebih sekitar 13 jam lamanya.

Puasa sebulan penuh selama bulan Ramadan merupakan salah satu dari 5 rukun Islam. Adapun kelima rukun Islam tersebut, antara lain :

1. Mengucapkan dua kalimah syahadat

2. Mendirikan Sholat 5 waktu

3. Berpuasa di Bulan Ramadhan \

4. Membayar Zakat (Fitrah) pada bulan Ramadhan

5. Mengerjakan haji bagi yang telah mampu wajib sekali seumur hidup

Kewajiban Berpuasa bagi Muslim Puasa di bulan Ramadhan diwajibkan oleh Allah SWT sebagaimana juga dikerjakan oleh umat-umat terdahulu.

Mengenalkan puasa Ramadan sejak usia dini Bisakah anak-anak berpuasa? Kenyataannya mereka pun bisa. Puasa Ramadan perlu dikenalkan kepada anak-anak muslim sejak dini untuk mulai mengenalkan bulan suci Ramadan dan membiasakan melakukan ibadah puasa. Untuk memulainya, Keluarga muslim biasanya mengenalkan puasa pada anak-anak usia dibawah 12 tahun dengan berpuasa setengah hari, yaitu dimulai dari pagi hari hingga siang hari pada waktu zuhur. Seiring mereka mulai beranjak dewasa maka waktu berbukanya dimundur sehingga waktu puasa mereka lebih panjang. Setelah mereka berusia 12 tahun lebih, maka mereka menjadi terbiasa untuk berpuasa satu hari penuh, 13 jam, dimulai dari waktu shubuh hingga senja hari atau hingga waktu berbuka pada saat azan maghrib

Hari Raya Idul Fitri

Setelah berpuasa satu bulan penuh, maka bulan Syawal pun menjelang menggantikan bulan ramadhan. Pergantian bulan ini ditandai dengan perayaan oleh Umat Muslim yang dikenal dengan hari raya Idul Fitri. Pada hari ini, tidak diperbolehkan lagi berpuasa. Semua umat muslim didunia merayakan hari Raya Idul Fitri pada 1-2 Syawal. Hari Raya Idul Fitri merupakan hari libur Nasional pada 1-2 Syawal. Namun perayaannya sendiri bisa hingga satu minggu setelahnya.

Hari Raya Idul Fitri lebih dikenal dengan Lebaran merupakan momen yang ditunggu-tungu oleh umat muslim di Indonesia. Pada hari ini keluarga muslim Indonesia biasanya berkumpul bersama seluruh sanak keluarga dan saling bersilaturrohim ke tetangga dan handai taulan. Untuk meramaikan suasana hari Raya tersebut, keluarga muslim mempersiapkan kue-kue dan hidangan yang manis-manis untuk memulihkan kondisi tubuh setelah berpuasa selama satu bulan penuh. Hari raya Idul Fitri merupakan momen yang sangat ditunggu oleh Umat Muslim sebagaimana umat lainnya yang juga memiliki hari perayaan seperti Hari Natal, Tahun Baru China, Deepavali, dll.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: